Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Oleh Karyawan Baru
Menjadi seorang karyawan baru tentu
saja kita harus bisa membuat kesan pertama yang baik di lingkungan kerja
yang baru. Apalagi untuk seorang fresh graduate yang baru saja
memasuki dunia pekerjaan yang tentu saja berbeda dengan ketika saat
berkuliah dan itu membuat seseorang membutuhkan waktu untuk beradaptasi.
Namun, kita harus bisa belajar dengan cepat dan profesional. Tidak
hanya itu kita juga harus bisa menjauhi hal-hal atau kebiasaan karyawan
baru yang tidak baik di kantor.
Berikut ini saya akan
memberitahukan kepada kamu semua mengenai hal-hal apa saja yang harus
dihindari agar tidak menjadi seorang karyawan baru yang dicap sebagai
karyawan yang tidak profesional.
- Tidak Memiliki Inisiatif

Sebagai seorang karyawan yang baru bukan
berarti kamu hanya fokus pada apa yang memang sudah menjadi pekerjaanmu.
Jangan sungkan untuk mengungkapkan ketika kamu memiliki ide-ide yang
segar. Kamu juga harus memiliki inisiatif untuk bisa bertanya atau
mengajukan sebuah gagasan untuk kemajuan perusahaan. Semakin kamu aktif
maka disitu kamu akan terlihat dalam sebuah tim.
- Membicarakan Orang Lain

Bisa menjadi rekan kerja yang baik untuk
pekerja yang lainnya tentunya adalah hal yang menyenangkan. Namun,
jangan sampai kamu terlewat asyik untuk mengobrol di waktu jam kerja dan
mengganggu pegawai lain. Lebih buruk lagi apabila sebagai karyawan baru
kamu sudah terlibat dalam gosip.
- Masih Belum Memahami Karakteristik Perusahaan Baru

Pada saat kamu masih dalam tahap
pencarian kerja seharusnya kamu harus sudah tahu bagaimana karakteristik
dari perusahaan tersebut. Masing-masing kantor memiliki budaya dan
lingkungan yang berbeda-beda. Akan berbeda sekali ketika kamu melamar ke
sebuah perusahaan advertising dengan perusahan cargo. Dari situlah kamu
harus bisa mengetahui cara berkomunikasi baik melalui lisan atau pun
tulisan semua tergantung dari karakteristik masing-masing perusahaan.
- Belum Memahami Hak Yang Seharusnya Bisa Diterima

Ketika di awal-awal masa menjadi karyawan
baru tentu saja kita menjadi lebih fokus untuk menunjukkan performa
yang baik. Namun, ketahuilah setelah kamu menjalani semua rasa loyalitas
dan kontribusi terhadap perusahaan kamu pun memiliki hak untuk
mendapatkan cuti berlibur
untuk menyegarkan pikiranmu kembali. Kenaikan gaji pun layak untuk kamu
bicarakan jika memang kinerjamu sudah dirasa cukup untuk
mendapatkannya. Jadikan dirimu pribadi seorang karyawan yang kuat dan
mandiri sehingga bisa dihormati dengan orang lain.
- Sering Memainkan Ponsel

Memang asik untuk terus mengamati dan
terlibat dengan sosial media. Akan tetapi kebiasaan ini menjadi salah
satu yang buruk karena ketika anda terlalu sering menatap layar ponsel
anda konsentrasi dalam pekerjaan pun akan menjadi tidak fokus.
Sumber :
No comments:
Post a Comment